Sekarang Atau Nanti?

Saturday 22 August 2009 07:14

Saya tidak pungkiri jika, saya begitu bersemangat ketika hendak memulai suatu pekerjaan yang mengiming-imingkan materi yang banyak. Sesuatu yang beorientasi terhadap materi kebanyakan akan menjadi prioritas saya. Padahal hal itu pulalah yang membuat saya gagal dalam menggapainya. Seharusnya saya melakukan itu karena saya menikmati dan memberikan gairah dalam hidup! Karena apabila saya merasa nyaman melakukan hal tersebut, seharusnya itu awal dari keberhasilan.
Terkadang juga saya memulai sesuatu karena melihat orang lain telah sukses sebelumnya. Sehingga saya berniat meniru kesuksesan orang tersebut. Tapi yang salah adalah, ketika saya ingin meraih hal itu dengan instan. Dan ketika gagal, tidak jarang saya mengatakan bahwa itu bukan rejeki saya dan saya memulai yang lain saja! Mental seperti ini, mental seorang pecundang. Berani memulai sesuatu tapi tidak berani menerima kegagalan. Saya mungkin sudah kenyang dengan berbagai macam istilah yang menyemangati ketika saya gagal! tapi apakah saya tahu bahwa istilah tersebut, tidak begitu saja dibuat! Akan tetapi bersumber dari pengalaman dan pengorbanan hidup si pembuat. Harusnya saya juga membuat sendiri sebuah kalimat untuk memotivasi diri saya!
Hidup saya adalah tanggung jawab saya sendiri. Kemanapun saya melangkah, diri ini juga yang akan merasakannya. Ketika saya memulai sesuatu, harusnya saya jangan pernah berpikir untuk gagal. Tapi berpikir bahwa, saya bisa saja gagal sebelum berhasil. Intinya pasti saya bisa berhasil!
Kenapa saya bilang bisa! Alasannya sederhana, 500 tahun yang lalu andai saya hidup dan bertanya kepada manusia manapun didunia ini. Apakah kita bisa ke bulan? Jawaban yang saya temukan pasti mengatakan tidak! Bahkan sebagian besar dari mereka mungkin mengatakan mustahil. Tapi apa yang saya lihat sekarang adalah buat mereka mustahil pada masa lalu. Jadi kapan pun itu, sekaranglah saatnya saya mulai meniti keberhasilan. Mulai dengan apa yang saya inginkan. Saya akan lakukan apa yang saya bisa dan kerjakan sekarang. Bukan nanti atau besok. Keberhasilan berawal tekad yang bulat serta kerja keras. Dan ketika saya memulainya, kemudian gagal, jangan menyerah! Karena keberhasilan sesungguhnya adalah saat saya bangkit dari keterpurukan.
Bercermin pada diri saya, sesungguhnya pengalaman yang membuat saya senang menulis, merangkai kata yang mungkin buat orang lain hanya bualan belaka. Tapi saya senang dengan aktifitas ini, yang bisa saya lakukan di sela-sela waktu senggang. Paling tidak inilah buah pikiran saya sendiri. Dan hal inilah kemudian yang membuat saya bersemangat. Menuangkan pikiran saya yang tiada batas, sebuah anugerah dari Tuhan. Bagi orang lain mungkin saja hal ini biasa, ditengah maraknya pilihan karya tulis yang beredar di tengah-tengah mereka. Tapi buat saya, ini salah satu awal pencapaian cita-cita saya, yang dulu saat saya masih senang pada hobi membaca, saya hanya bisa berkhayal untuk bisa menulis karena begitu rumitnya merangkai kata sekalipun Sederhana.
Bukan materi atau uang yang akhirnya saya lihat pada sepenggal kisah hidup saya diatas. Tapi sebuah pencapaian hidup, yang dulu adalah mimpi saya. Materi adalah benda, ia hanya melambangkan sebuah ukuran status dalam masyarakat kaya atau miskin. Tapi sama sekali tidak mencerminkan sebuah kepuasan atau kebahagiaan dalam hidup. Kebahagiaan saya sebenarnya, adalah pada saat saya bisa menikmati hidup yang ada sekarang, bersyukur dengan apa yang saya miliki. Bertindak dan berbuat yang terbaik. Dan menerima segala kesulitan sebagai bagian dari kesuksesan.
Menjadi diri sendiri, karena setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing termasuk saya. Tapi tidak setiap orang mau menerima kelemahan yang dimilikinya, padahal masih banyak orang yang mungkin lebih buruk dari keadaan saya sekarang. Kelemahan dalam diri saya juga bagian dari potensi untuk maju, karena sesungguhnya kesuksesan diukur dari sejauh mana saya bergerak dalam sebuah keterbatasan.

Itu menurut saya! Kalau anda bagaimana?

0 comments:

Related Websites

Buy and sell Text Links
Fresh Blogger Templates