Apa Kelebihan Blog?

Monday 24 August 2009 09:39

Ada banyak pertanyaan yang masuk kepada saya, menyangkut tentang blog. Salah satunya adalah, apa kelebihan blog dibandingkan jenis komunitas lain yang ada di internet?
Blog adalah sebuah website dengan kategori pribadi atau bersifat personal dari seorang pemilik. Kelebihan blog dibandingkan dengan situs jaringan sosial atau sebuah groups adalah pada blog, kita lebih leluasa untuk melakukan editing tulisan, gambar, dan tampilan blog. Tulisan yang dimuat juga lebih banyak dibandingkan dengan situs jaringan soisal atau groups. Pada blog juga terdapat fasilitas chating, seperti yang dimiliki oleh situs jaringan sosial. Pada blog kita dengan leluasa mengekspresikan diri dengan tulisan atau gambar yang kita muat. Hanya saja, untuk memiliki sebuah blog yang menarik, tidak semudah memiliki alamat pada situs jaringan sosial. Itu dikarenakan, diperlukan keahlian khusus untuk membuat tampilan blog kita menjadi menarik. jika pada situs jaringan sosial, tulisan yang kita tampilkan jenisnya sama dengan milik orang lain, maka pada blog kita bisa membuatnya berbeda.
Saat ini terdapat banyak perusahaan yang menyediakan fasilitas untuk membuat sebuah blog. Diantaranya adalah Blogger, Wordpress, dan Multiplay. Jika kita membuat sebuah blog pada mereka, maka kita sudah disediakan langkah serta fasilitas penyimpanan data gratis. Berbeda jika kita memilih membuat nama domain sendiri maka kita harus membayar atau menyewa jasa hosting, serta harus membeli nama domain sendiri. Domain adalah nama atau identitas dari blog yang kita miliki. Contoh jika kita membuat blog dengan jasa hosting, maka kita akan memberikan nama seperti: myblog.com. Tapi jika kita membuat blog dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Blogger, Wordpress, atau Multiplay maka nama blog kita akan menggunakan vendor tersebut. Seperti contoh: myblog.blogger.com, atau myblog.wordpress.com.

0 comments:

Related Websites

Buy and sell Text Links
Fresh Blogger Templates